22 December 2010

My Journey in South East Asia - Part 1

Part 1: Back to Thailand  (28 Sep – 7 Oct 2009)

Traveled: Bangkok – Ayyuthaya – Chiang Rai – Chiang Mai

Monday 28 Sep 2009  Jakarta – Bangkok
Dari rumah pake taxi ke pool Damri Ps Minggu. Perjalanan ke airport lancar, jam 14.30 udah sampe di Terminal 2 D. Langsung check in di konter AA langsung kaget karena ternyata koper gw udah lewat dr 10 kg! Salah peking..hix hix. Setelah itu seperti biasa prosedur bebas fiskal, sukses langsung ke boarding Gate D 4. Prosedurnya skarang lebih ketat yah karena kita diminta melepas ikat pinggang, perhiasan, dll kedalam baki. Gw sukses lolos tanpa bunyi. Pesawat take off jam 16.45, landing jam 19.50 trus ngantri di imigrasi. Gw salah pilih antrian, soalnya petugasnya lelet banged jadi malah antrian-antrian disebelah lebih cepet. Sampaidi conveyour belt koper gw udah nunggu, sukur deh aman-aman aja.
Ngikutin petunjuk host CS Bangkok, gw ke tempat antrian meter taxi. Gw kasih tulisan alamat rumah host gw yg pake bahasa Thai, supirnya ngangguk-ngangguk. Host gw sempet nawarin dalam imelnya untuk telpon gw supaya dia bisa ngomong langsung ke supir taxi, maksudnya supaya gw gak dibohongin. Tapi roamingnya bo’.. jadi pasrah deh.
Alhamdulillah, setengah jam kemudian gw sampai didepan kondominium nya Nuch dengan argo yang normal pula, senangnya..
Tempat Nuch ini dilantai bawah, diluar tepatnya, berupa kantor kecil dengan kamar tidur, dapur & kamar mandi dibagian belakang. Bisnis nya Nuch bikin selai buah-buahan, ada nanas, anggur, dll pokoknya buah-buahan yang ada di Thailand & emang dipakai buat isian kue. Jadi gak salah kalau gw bawain pesenan dia, kue nastar asli Indonesia, hehe..
Kebetulan Nuch lagi trima tamu CS dari Belanda yg bakalan ‘check out’ besok pagi. Namanya Walter. Dia ini kena scam nya supir taksi Bangkok, padahal selain dia juga ambil taxi meter persis gw, Nuch juga telpon & ngomong langsung sama supirnya. Tetep bo’, argonya dua kali lipat dari gw, hihihi…
Setelah ngobrol-ngobrol bentar, Nuch ngajak makan malam keluar. Kita naek taksi kesana. Tempatnya bukan restoran, diluar ruko yang udah pada tutup, bukan dipinggir jalan. Penjualnya pakai gerobak & disediakan tempat duduk dari kayu & meja ukuran panjang . Makanannya khas Thailand. Gw pesen chicken rice aja & ice thai tea – enak banget rasanya, seger, manis, sluurrrppp..
Kelar makan, kita pulang jalan kaki. Enaknya jalan kaki di Bangkok, ngga ada kaki lima bertebaran, jadi trotoar milik pejalan kaki sepenuhnya. Kita ngelewatin Mc D & ternyata patung Ronaldnya beda dgn Mc D lainnya, dia bersedekap ngasih salam ala Thailand..hahaha..Walter sampe minta difotoin.
Gw tidur sekamar Nuch malam ini karena masih ada Walter. Nuch orangnya menyenagkan banget, selain umur kita hanya beda setahun, kita juga cocok dalam hal-hal tertentu. Akhirnya, obrolan kita seru banget sampe kita tidur jam 2.30 pagi.

Expense:  Taxi putra 12000 - Damri 20000 – Airport tax 150000 – Taxi BKK 250

Tuesday, 29 Sep 2009 – Bangkok sightseeing

Bangun jam 9 kurang trus mandi. Nuch masih tidur, jadi gw bikin sarapan sendiri pake roti & waffle Belgia yang dikasih Nuch. Trus gw buka internet, minjem laptopnya Nuch. Dapat imel dari host di Chiang Rai ngasih tau dia mendadak ngga bisa nrima gw.
Gw keluar jam 10 & pengen nyobain public boat nya Bangkok. Kebetulan kondo/tempat tinggal nya Nuch deket sama sungai. Jadi gw nyebrang jembatan trus jalan kaki ke halte dipinggir sungai sebelah sana. Pantesan sungai2 di BKK dijaga banget, soalnya masyarakat nya tergantung banged sama transport yg satu ini. Dan ternyata…rada menakutkan sedikit buat gw. Soalnya, ngga seperti bayangan gw bakalan mirip sama boat yg nganter turis + orang2 lokal di Chao Phraya.
Pintu masuk boat yg ini adalah dari samping dibagian belakang. Jadi untuk first timer kayak gw agak2 tegang takut kecebur, hahaha.. Trus ‘pintu’ tadi ditutup terpal biasa supaya air ngga nyiprat2 kedalam. Dan boat ini jalannya kenceng..ckckck.. Karena gw ngga pasti mau turun dimana, jg ngga yakin mau tanya penumpang laen maupun kondekturnya, gw turun asal disalah satu stop. Karena deg2an banget pas keluar dari pintu samping tadi jadperahu, sialnya kacamata narsis yg sengaja gw beli di Jkt jatoh, hiks hiks.. gw nyadarnya telat, pas balik dah ngga ada.
Masih belum ngeh berada dimana, gw keluar & jalan kearah jalan raya, ngelewatin tukang jualan gorengan pisang, beli deh beberapa buat nyobain aja, tapi beda tuh rasanya dengan pisang goreng kita yg lebih manis & besar.
Ternyata gw berada disekitar Pratunam market, Central World & Siam Paragon. Sukur deh. Gw nyebrang ke Paragon di skywalk yg panjang & keren. Bangkok selalu bikin ngiri gw aja..
Masuk Paragon, gw ke Food Hall buat makan siang. Yang aman, gw makan nasi + sayuran & pesen ice thai tea lagi.
Jam 1 gw jalan lagi, keliling Paragon sampe ke Discovery & Central World. Di Discovery ada toko stationary gede namanya Loft, favorit gw.
Wat Arun
Jam 2 gw naik skytrain ke Stasiun Saphan Taksin terus jalan ke Dermaga utama buat nunggu boat ke Wat Arun. Utk sampe ke Wat Arun, kita nyberangnya pake boat kecil lagi. Di Wat Arun, gw nyasar masuk ngga dari pintu utama, jadi malah gratis deh..hihihi..beruntunglah tampang gw mirip2 orang Thai. Disini gw ngga lama2, gerah banget udaranya.
Trus gw naek skytrain lagi sambung MRT ke Hualampong, mau makan sushi sesuai saran Fidi. Jam 5 sampe sana, sushinya dah tinggal yg sepaket harganya 100 Baht, males ah..akirnya gw makan ke kantinnya, menu sama, nasi+scramble egg+sayuran.
Perjalanan balik ketempat Nuch butuh 1 jam 15 menitan, ganti2 antara MRT, BTS & Bus. Waktu turun di BTS terdekat sebelum ganti bus (Phra Kanong), gw nemuin sushi dijual dipinggir jalan aja..murah pula. Kesampean juga makan sushi, hihihi.
Gw sempet tanya penjualnya kemana nunggu bisnya trus ditunjukin halte terdekat. Gw naek bis yang paling biasa & murah di BKK, tanpa AC. Gw perhatiin kondektur bis di BKK keren ya sistemnya, itu loh tempat dia taro uang koin & tiket buat kita. Kreatif banged. Bus nya juga pake bel. Untungnya jalanan agak macet jadi gw masih bisa ngenalin jalanan masuk ke kondo nya Nuch. Ternyata ada stop an bis persis depan 711 di jalan masuknya.
Nuch pas mau keluar cari makan malam tapi gw ngga ikutan deh kan udah punya sushi. Jadi gw pindahan aja ke lt 12 tempat kamar buat tamu-tamu CS dia sementara ini. Asik lho ada view, bisa liat public boat di sungai yg masih beroperasi sampe malam.
Jam 21.30 gw turun ketempat Nuch lagi, mau minjem laptop untuk internetan & ngobrol lagi sampe jam 23.30.

Expense: Boat 46 – BTS 75 – MRT 43 – Bus 8; Lunch 90 – dinner 50 – sushi 30 (6 pcs)

Wednesday, 30 Sep 2009 – Ayyuthaya day trip
Bangun pagian jam 7.15 trus sarapan buat mie gelas yang gw bawa dari Jkt ditempat Nuch. Jam 9 kurang gw pamitan, mau ke Ayyuthaya. Gw naek bis yang AC skarang, tapi berdiri, sampe turun di BTS terdekat. Trus naik skytrain ke Victory Monument, tempat minivan ke Ayyuthaya ngetem. Berhubung gw salah arah turun jadi sempet bingung tapi terus aja jalan sambil tanya beberapa kali & akhirnya nemu tempat parkiran minivan ke berbagai jurusan. Yang jurusan Ayyuthaya ada di paling depan. Jam 10.15 minivan kita brangkat, isinya penuh sekitar 12 orang, semuanya lokal atau turis Asia kayak gw, hehe..
Perjalanan hanya sejam, minivan stop didepan pasar, seru juga pengen liat tapi lagi ngga punya waktu banyak. Gw juga udah berasa lapar & mau cari toilet. Gw jalan menyusuri toko2 sampe akhirnya ketemu semacam mall kecil & KFC.
Bingung mau kemana lagi, ada supir tuk tuk yg mangkal didepan hotel Ayyuthaya menawarkan paket tur keliling kota dgn tuk2nya. Karena dia negur baik2 & cukup professional nunjukin postcard2 tempat2 wisata di Ayyuthaya beserta peta wisatanya, akhirnya gw putuskan utk tawar menawar. Dari harga 200 THB per jam menjadi 400 THB buat 3 jam..mayan lah soalnya gw cuman sendirian. Namanya Pak Usman, kebetulan Beliau muslim Thai & bahasa Inggrisnya bagus. Tapi gw batalin ke Bang Pa In karena waktu yg tidaj cukup.
Buddha Head at Wat Mahathat

Semua tempat yg gw kunjungi bagus2; Wat2 nya beda dgn yg ada di BKK. Di drop sama Pak Usman ditempat mangkal minivan jam 16.00.
15 menit kemudian minivan berangkat ke BKK. Kali ini lebih dari sejam soalnya pas dgn rush hour di BKK. Tempat minivan berhenti agak beda dr tempat berangkat & suasana sekeliling Victoria Monument ini lebih ramai. Sempat lihat pedagang yg buka lapak dijalanan.
Masuk ke semacam mall kecilsekalian cari toilet. Keluar dari Mall, naik jembatan penyeberangan & ternyata ide yg sangat baik banget. Bisa lihat pemandangan orang lalu lalang dgn sejelas2nya & motret tentunya.

Karena ngga ada rencana lain, gw udah sms an sama Nuch, pengen makan malam bareng dia ke restoran Korea – dia penggemar berat Kimchi dll & gw malah belum pernah sama sekali. Kita ketemuan di BTS Asok jam 19.00.
Resto Korea nya ada didalam Times Square, cukup jalan kaki aja dari BTS Asok. Nuch pesan daging sapi yg kita masak sendiri di kompor ditengah meja plus sayuran Kimchi – enak banged! Sampe nambah Kimchi 1 porsi lagi karena gw doyan, hehe.. Trahirnya kita dikasih komplimen herb tea. Sambil makan tentunya ngobrol ngalor ngidul sama Nuch.

Jam 20.15 kita keluar trus mampir ke Robinson mau liat koleksi swimsuit..keren2 tp mahal2…walopun modelnya masih jarang di Jakarta.
Nuch ngajakin mampir ke jualan kaki lima diarah rumahnya, gw sih ok aja. Malam ini di BKK hujan lumayan deras. Untungnya waktu kita turun BTS & mau sambung taxi udah tinggal gerimis aja.
Di kaki lima gw bermaksud cari anting2 seperti yg dipakai Nuch tapi ngga berhasil. Suksesnya malah dapat kacamata pengganti yg lebih lucu warna ungu, murah banged cuman 40 THB ata sekitar 12000 rupiah aja, wahaha...
Trus kita pulang kerumah naik bis. Kelar beberes dikamar atas, gw turun ke bawah lagi mau pinjem internet & tidur jam 1.30 pagi.

Expense: Bus 25 – BTS 120 – Minivan pp 120 – Tuk tuk tour 400 – tiket masuk Wat2 140;
Lunch 80 – Dinner 300

Thursday, 1st Oct 2009 – BKK sightseeing & CS Meet up

Bangun pagi jam 7.15 trus siap2 cabut jam 9 karena rencana gw mau ke Kanchanaburi. Sayangnya terpaksa dibatalkan karena transport kesana ngga gampang plus diluar hujan deras. Akhirnya gw nge-laundry aja trus ngenet dilantai bawah. Ada berita gempa di Padang kemarin, banjir di Vietnam & badai di Cambodia! Waks..
Nuch mau masakin gw salah satu makanan khas Thailand, daging ayam ditumis pakai cabe & bawang putih ditumbuk bersama semacam dedaunan. Dimakan dgn nasi. Rasanya enak!
Keluar rumah jam 13.45, gw jalan kaki ke Food land, penasaran pengen beli teh khas Thailand. Ternyata jauh juga jalan kaki ksana sampe2 gw pikir salah arah.  Terlanjur keringetan, gw terusin jalan kaki sampai ke The Mall, melewati perempatan besar & harus menyeberang sendirian di lampu merah. Di The Mall ternyata ngga ada yg spesial, cuman supermarket & toko2 biasa.
Jadi gw lanjut aja ke Khaosan Road, tiba2 pengen liat area backpackernya BKK. Nuch bilang gw naek bis no 60, pas gw naik kata kondekturnya bis ngga sampe di Khaosan hanya di Pratunam. Ya udah gw terusin aja daripada bingung lagi mau naik apa. Lagi-lagi terkesan dengan alat pembayaran uang & tiket bis, pengen banged motret cuman takut kondekturnya marah, hi3.
Turun di Pratunam, gw nyebrang lagi kearah Central World; tetep lho gw ngga bisa liat yg dibilang 4 faces-Buddha soalnya udah jam 16.15 aja mesti langsung lanjut.
Gw naek BTS sampai keujung utk sambung naik boat di Chao Phraya & sampai di Khaosan sekitar jam 5. Gw duduk di taman sambil motret2 kearah jembatan & sungai trus jalan kaki menyusur Khaosan sebentar. Sayang ngga bisa terlalu lama disini.
Malam ini gw janjian sama CS BKK utk ketemuan di BTS Victory Monument jam 19.00 buat makan malam bareng.
Tapi..gw salah arah naik boat, jadinya gw malah sampai diujung pelabuhan Chao Phraya & ganti boat kearah yang benar disini. Completely wasting time but I got to see the whole Chao Phraya.

With Sa, CS Meet-up
Akhirnya ketemu Chalermwong jam 20.15, dia datang sama teman India namanya Jatin. Jatin pengen makan vegetarian di restoran di Tesco Lotus yg udah dia cobain kmaren2. Kita jalan kaki kesana & ternyata jauh sampe akhirnya Jatin manggil tuk-tuk. Jatin di BKK baru ngebuka resto India, hebat yah masih muda trus berani datang ke negara orang buat mulai bisnis. Host gw Sa juga baek banget, senang bisa ngobrol2 sama mereka walopun cuman sebentar. Makan malam kita khas Thailand lagi & dibayarin Jatin, hehe..
Kita pisah di BTS Siam, gw lanjut pulang sendirian. Sampe di BTS Phra Kanong udah sepi gw jadi ngga yakin kearah mana halte bus yg waktu itu tapi ternyata gw jalan kearah yg bener kok. Sekarang tinggal mastiin arah bis gw udah bener belum ya. Gw tanya ke cowok yg lagi duduk sendirian, untunglah dia bisa bahasa Inggris & dia plus teman ceweknya akan naek bis yg sama dengan gw, no 71. Dia juga bantu gw waktu ngebayar tiket bis mungkin karena kondekturnya tanya gw mau turun dimana tapi pakai bahasa Thai.

Dirumah Nuch, gw numpang ngenet trus naik keatas & tidur jam 1.15 lagi.

Expense: Bus 21 – Boat 39 – BTS 100

Friday 2nd Oct 2009 Bangkok – Chiang Rai

Bangun pagi..jam 6.15 trus turun kebawah buat sarapan roti + teh Thai + susu yg dibeli semalam. Nyempetin nyetrika baju2 yg kmaren di laundry, semalam lupa euy. Trus ngenet sambil nunggu taxi datang jam 9.30.
With Nuch, host CS @ BKK
Foto2 dulu trahir kali sama Nuch & tiba2 gw ngerasa sedih aja ninggalin BKK, hehe.. Mau pisahan biasa ala Indonesia dgn Nuch -yg ternyata menurut dia merangkul & cipika cipiki itu bukan budaya asli orang Thailand- tapi kali ini dgn gw dia mau, he2.
Jam 9.50 udah sampai di airport Suvarnabhumi, cepet ya. Guess what! Flight gw delay menjadi jam 12.45. Menyebalkan! Tau gitu ngapain bangun pagi2 kan. Gw ngomel ke petugas konter check in, karena ngerasa udah ninggalin email & no HP dua2nya. Katanya, kalo delay ngga lebih dari 2 jam, penumpang ngga dpt info dari imel maupun SMS. Damn! Gw cuman bisa ngotot mau check in skarang juga..berat nih geret2 koper.
Trus gw keliling2 ke lantai yg ada Miracle Food Village dsb. Beli snacks ikan Jink Jank 2 bungkus trus makan siang  mi goreng di konter makanan halal.

Jam 12 boarding di Gate B2; pesawat take off jam 12.45 & landing di Chiang Rai jam 14.00.

CHIANG RAI
Urusan bagasi cuman 15 menit trus ke konter taxi sambil nanya lokasi guest house di kota. Boleh nego harga taxi karena ngga pake argo.
Jam 15.00 check in di Boon Bundan Guest House. Lokasinya didalam jalan kecil sebelahan dgn Wat Jedyod. Gw ambil kamar dgn fan & kamar mandi dalam, dpt di lantai 2 di bangunan lama yg terbuat dari kayu. Tangga keatasnya kecil tp koper gw dibawakan naik oleh staf hostel. Bangunan yg baru khusus buat kamar2 pakai AC.
Jam 15.30 gw keluar, buat cari makan & lihat2 sekitar. Banyak resto kecil sepanjang jalan utama didepan, tp akhirnya yg gw pilih resto biasa yg jualan mie kuah kari. Ngga salah pilih karena ternyata makanan ini termasuk jajanan khas & rasanya enak. Kalau mau kenyang sih mesti 2 porsi..hihihi.
Round clock tower
Gw terusin jalan ke Round Clock Tower yg berwarna kuning emas, lumayan unik. Lokasi di bundaran utama, cukup sulit utk menemukan angle foto yg pas. Untung lalu lintas disini ngga terlalu padat, kalau sabar menunggu bisa motret dalam keadaan jalanan kosong.
Trus gw jalan balik ke Wat Jedyod & kembali ke penginapan. Tanya2 soal tur ternyata kalau cuman sendirian mahal banget, ditawar juga ngga bisa turun banyak.
Keluar lagi jam 18.30 ke Night Bazaar sekalian makan malam. Hmm..seru lho cuci  mata disini, barang2nya bagus2. Gw makan nasi goreng trus beli cemilan banana pancake & spring rolls buat sarapan besok.
Balik ke penginapan jam 21.00, beres2 sambil mikir kemungkinan plan B buat cabut ke Chiang Mai besok siang aja..?

Expense: Taxi BKK 180 – Taxi CR 200; Lunch 90 – Dinner 35

Saturday 3rd Oct 2009 – Sightseeing Chiang Rai & off to Chiang Mai

Decided not to join any tour. Berangkat jam 8.30 trus jalan kaki ke Market skalian ngelewatin Wat Phrasingha & Mungmung. Karena ngga banyak tempat menarik, 2 jam kemudian gw udah kelar. Gw duduk didepan jalan masuk ke penginapan. Ada supir becak nyamperin & gw tanya mau nganter ke terminal bis atau ngga. Dia bilang ok trus gw nego harga & minta dia jemput di penginapan jam 11 an.
Gw check out jam 11 trus brangkat ke bis terminal yg katanya diluar kota. Ternyata kearah White Temple juga, klu tau minta skalian mampir dulu tadi. Perjalanan hanya sekitar 30 menit, sebetulnya gw kasian karena ternyata ada beberapa jalanan yg menanjak. Akhirnya gw kasih harga normal plus motret Beliau yg kebetulan orangnya udah agak tua juga.
Gw beli tiket bis ke Chiang Mai di konter Green Bus. Petugasnya bisa berbahasa Inggris dgn lancar. Tiketnya murah banged dibanding kalau kita beli di penginapan.
Terminal disini bersih & rapih banget. Petunjuknya jelas & ngga penuh dengan bis2 yg ngetem. Bebas polusi. Aahh..terminal bis idaman nih.
Sambil nunggu bis datang, gw cari makan siang di deretan toko2 makanan kecil diluar area sedikit. Pinginnya makan mi kuah lagi, tapi kali ini ngga berhasil malah dapat yg kuahnya bening  & rasanya biasa aja. Untung bisa sekalian numpang ke toilet.

Sebelum bis brangkat jam 12.30, ada acara boarding kecil2an juga. Bagasi kita semua dikasih tag. Untuk harga segini servisnya oke banget deh. Waktu sudah duduk, pramugari bis nya membagikan air mineral & biskuit. Senangnya.. Dan 15 menitan seblm sampai di Chiang Mai, kita semua dikasih tisu basah. Hebat!

CHIANG MAI
Sampai di CM jam 15.35 termasuk istirahat selama 10 menitan sekitar jam 14.00 tadi. Diluar hujan sepanjang perjalanan. Teman sebangku gw laki2 tapi ngga bisa ditebak dari negara mana.
Turun bis, udah ditunggu sama supir2 taxi & tuktuk. Karena punya tampang mirip orang Thai, mereka ngga terlalu ngejer2 gw, hehe. Jadi gw tenang aja jalan kearah depan terminal. Ngambil taxi di lobi. Seperti biasa nego.
Gw minta diantar ke Kim’s Guest House, rekomendasi salah satu anak Indonesia yg pernah nginap disana.
Kim House, Chiang Mai
Perjalanan kesana paling hanya sekitar 15 menit.
Gw minta kamar pake fan & kamar mandi dalam lagi. Dapat diluar deket resepsionis. Kamarnya besar karena tipe twin bed, dekorasinya biasa aja. Ownernya baik, Inggrisnya bagus, informatif & tersedia peta gratis buat jalan2 di CM.
Gw keluar jam 17.30, ngga perlu kawatir pulang malam soalnya dikasih kunci gembok gerbang depan sekalian. Gw ngambil kearah kiri untuk mencari lokasi Night Bazaar. Lokasi penginapan ternyata cukup strategis. Ada mini market, toko used books, salon, internet café, tour agent, dll.
2 jalanan setelah Kim’s GH adalah daerah tempat tinggal muslim di CM. Ada mesjid lumayan besar diujung jalanan. Yang penting banyak pilihan restoran makanan halal. Gw mencoba pilihan pertama, ternyata rasanya ngga terlalu enak &  harganya termasuk mahal. Disebelah resto ini ada warnet, harga perjam nya lumayan murah.
Sekitar jam 19.00 gw mulai eksplorasi night bazaar, mereka jualannya teratur disepanjang jalan. Padahal lapaknya sederhana terbuat dari kayu. Tapi mungkin tipikal orang2 Thai ini tidak sekeras pedagang2 di Indo ya jadi suasanya berbeda aja, lebih aman & nyaman.
Semua barang yg dijual bagus2 & bikin mupeng belanja, hehe..
Jam 20.30 gw kelar cuci mata & langsung balik ke penginapan. Malam ini tidur cepat jam 22.00,

Expense:  Becak 80 – Green Bus 169 – taxi 120; Lunch 25 – Dinner 100; Guest house 200 THB/night

Sunday 4th October 2009 – Chiang Mai sightseeing

Wat Chedi Luang
Bangun jam 7.30 & keluar jam 9. Dengan berjalan kaki gw berhasil berkunjung ke 4 buah Wat disini. Wat favorit gw namanya Chedi Luang. Juga nemuin toko buku bekas yg koleksinya asik2 banged minta dibeli.
Buat info, toilet2 di Wat semua gratis. Gw juga merhatiin bahwa orang2 Thailand umumnya sopan2. Ngga ada tuh orang2 yg ngeliatin kita dari atas kebawah, apalagi suit2, maksa2, nanya2, kasar…Sangat berbeda & menyenangkan!

Makan siang ke restoran muslim yg berbeda dgn kmaren & disini makanannya lebih enak. Terbukti pengunjungnya banyak banged dari perkantoran sekitar. Menunya Pad Thai & mi kuah kari lagi, yummy banged.
Gw juga ngenet lagi, tarifnya 20 THB per jam, tempatnya ok cuman bermasalah sama toiletnya & kipas angin yg ditaro pas kearah kepala.
Kelar ngenet, balik ke Kim’s buat istirahat jam 15.00; jadi baru tau kalau dikamar banyak nyamuk, hiii…
Keluar lagi sebelum jam 17.00, tujuan hidup kali ini pastinya Sunday Market. Semalam itu juga ada Saturday Market tapi gw blm paham banged lokasinya disebelah mana. Skarang gw jalan kaki lagi kearah Thapae Gate yang ternyata memang awalnya Market tersebut.

WOW! Sunday Market nya bener2 keren. Semuanya ada, dari barang2 lucu sampe makanan & jajanan yg enak2.
Gw jajan pisang goreng, es krim & sushi dong. Minum ice thai tea tapi kok ngga seenak rasa yg kmaren2 di BKK ya. Makan nasi goreng campur yg murah & ngenyangin. Gw gak tahan juga, akirnya belanja clana pendek, gelang & souvenir unik khas Thailand.

Ohya ada kejadian menarik & lucu: lagi di tengah2 bazar tiba2 terdengar nyanyian lagu kebangsaan Thailand. Gw nyadarnya karena heran kenapa semua orang berdiri & ngga bergerak sampai lagu tersebut selesai– ngga perduli lagi ngapain sebelumnya. Wah hebat! Bangsa Thailand pasti bangga & hormat banged sama Raja nya yah.
Balik ke Kim’s lagi jam 21.00, kaki gw udah gak tahan lagi, pegel! Tapi gw seneeeeng banget ngga ketinggalan datang ke Sunday Market. Gw tidur kecapean jam 23.00.

Expense: Lunch 70 – es krim 10 – sushi 20 – dinner 10

Monday 5th October 2009 – Another day in Chiang Mai

My fave curry chicken noodle soup
Bangun jam 8 pagi trus keluar sebelum jam 10, kaki msh pegel2. Gw sarapan dgn menu sama – Curry chicken soup yg lezat itu, hehe.
Berhubung warnetnya belum buka, gw jalan kaki kearah Thapae Road.
Di peta lihat ada simbol mall tp gw malah nemuin tempat yg lbh menarik lagi. Ada lapak pedagang2 yg jualan barang2 tradisional salah satu suku di Thailand Utara. Gw beli tas khas warna ungu yg unik banget, halah. Agak susah waktu nego harganya, perlu dibantu kalkulator & kebetulan ada pedagang lain yg bisa ngomong Inggris.
Lanjut lagi menelusuri lapak2 pedagang di sepanjang jalan sempit ini sampai muncul di jalanan mirip suasana di Mayestik/Pasar Baru. Ada 1 toko kosmetik yg dari luar kelihatan penuh banget, bikin penasaran. Dari niat nyari scrub buat kaki akhirnya beli macem2, abis murah2 sih, hehehe.
Balik ke warnet, aduh masih tutup. Ya udah balik ke Kim’s aja skalian ngadem. Uang di dompet gw lupa ditambah, jadi hanya cukup beli roti di mini market buat ganjel sebelum makan siang.
Keluar Kim’s lagi jam 14.30, perut udah keroncongan soalnya. Gw makan siang di restoran yg tadi pagi lagi. Lanjut perjalanan ke toko buku bekas deket Thapae Gate. Gw beli novel bahasa Inggris dgn harga murah & kondisi bekas.
Waterfront - air setinggi ini ngga bau!
Jam 18.00 gw duduk ke riverfront sekitar Thapae Gate juga. Mau lanjut keliling ke Gate2 lain tapi kaki rasanya ngga sanggup.
Terkagum2 melihat air sungai disini yg walaupun ngga jernih tapi bersih & masih bisa terlihat ikan2 kecil berenang di permukaannya. Waktu suasana mulai gelap, lampu2 sekitarnya dinyalakan. Pas banget buat tempat nongkrong.

Jam 19.00 bermaksud makan di restoran yg sama, tapi sayangnya sudah tutup. Gw makan ke resto alternatif ketiga, pesan menu nasi+ayam+sayuran + tahu, rasanya enak juga. Sempet juga tergoda beli semacam kerupuk yang ternyata rasanya ngga seenak yg gw bayangin.
Karenan tadi sempat lihat disekitar Thapae Gate dipasang panggung, jadi gw penasaran pengen balik kesana. Gw pikir ada acara musik. Taunya cuman semacam pembuatan iklan komersil.Banyak juga yg sekalian lewat trus berhenti buat nonton.

Gw balik ke Kim’s lagi jam 21.30. Packing up my luggage. Tidur sekitar tengah malam.

Expense: BF 30 – Lunch 45 – Dinner 35 – Milk 12

Tuesday 6th October 2009 – Last day in Chiang Mai
Keluar Kim’s jam 10, mau ngedrop laundry di hotel pas sebelah kiri jalan keluar nya Kim. Ternyata kalau gw mau lebih murah, mestinya gw ke 1 jalanan setelahnya. Laundry disini termasuk nyetrika & karena lokasinya dekat banged dgn Kim’s, dia mau nganter sebelum jam 18.00 nanti. Balik ke Kim’s utk beres2 trus kluar lagi jam 10.30.
Kali ini gw mau masuk ke Pantip Plaza, mall terdekat yg isinya barang2 elektronik. Lumayan bisa buat ngadem & numpang ke toilet. Lanjut jalan sekalian hunting tempat pijat ala Thai yg murah.
Mesjid di Chiang Mai
Makan siang gw ke resto langganan, kmaren pengen sate ayam kehabisan, akhirnya hari ini kesampean. Rasanya sih ngga terlalu enak kayak sate Indonesia, rasa bumbu nya kayak terasa kelapa gitu sih.

Kelar makan, balik lagi ke Kim’s buat check out skaligus bayar. Koper gw dititip di kamar yg dijadikan gudang penyimpanan sementara.
Trus gw ke warnet & ngenet selama 1 jam. Sempat balik ke Pantip Plaza buat numpang toilet.  Dan iseng duduk ditangga didepan Boots sambil baca novel bekas yg dibeli kemarin.
Jam 14.30 gw lanjut jalan kaki kearah jalan Loi Kroh, disini asik buat tempat nginap karena lokasinya strategis kmana2.
Disini dapat tempat pijat ala Thai 'Home Massage' & gw milih Thai massage with oil. waktunya kurang lebih sejam. Kelar pijat ngga pakai mandi jadi minyaknya berasa nempel banged dibadan. Tempatnya cukup ok, ada AC. Kalau cowok dipijatnya diluar, cewek didalam ruangan.
Pengalaman pertama gw dipijet ala Thai ternyata memuaskan. Sebelum pulang, dikasih herb tea dingin. Hmm..badan jadi segar kembali.
Gw ke resto favorit lagi buat makan mi kuah kari & sambung ngenet setengah jam aja. Balik ke Kim’s buat numpang mandi ngebuang sisa2 minyak pijat plus peking lagi karena baju2 gw udah dianter dalam kondisi yg wangi & rapi.
Keluar lagi jam 19.00 buat makan malam di resto favorit kedua sambil nunggu waktunya brangkat dari Kim’s ke bandara CM.
Setelah ngambil koper di Kim’s jam 20.15 langsung nawar tuktuk yg mangkal disekitar jalanan depan.
Perjalanan ke bandara hanya 20 menit saja, kita ngelewatin Chiang Mai gate & air mancur yg sedang dinyalakan. Wah bagus, ditambah lampu2 kalau malam begini jadi cantik.

Dikonter check in, gw panik soalnya  berat koper gw udah jadi 16,5kg! Petugas AA bilang gw harus ambil 1 kg utk dibawa ke kabin.
Boarding jam 21.30 di Gate 4; psawat take off jam 22.15. Kali ini gw dapat window seat. Landing di BKK jam 23.15.
Here I go, time to have a sleep at the airport. Turun pesawat kita dijemput shuttle bus Air Asia, ternyata jauh bener dari terminal kedatangan, baru sekitar 10 menit kemudian sampai disana.
Urusan imigrasi & bagasi lancar2 aja.

Expense: tuktuk 80; BF 30 – Lunch 60 – Dinner 60; GH 900 THB/3 nights

Wednesday 7th October 2009 – Waiting for next flight @ Suvarnabhumi

Gw gagal dapet kursi yg strategis buat tidur. Akhirnya gw cuman bisa tidur sekitar 30 menit, sisanya selonjoran sambil baca novel doang.
Paginya, gw ke food village buat beli sarapan & kopi supaya mata terasa lebih segar.
Waktu gw mulai ngantri di konter check in AA, antriannya udah panjaaang banged. Bener aja, 45 menit baru kelar.
Lagi mencari2 tempat boarding, eh ketemu Mbak Elok, dia lagi nunggu konter check in buka buat pesawat balik ke JKT hehehe..dunia emang kecil kadang2. Trus kita foto2 dong buat bukti, hihihi.
Setelah pisahan, gw jadi buru2 ke boarding gate, agak kawatir soalnya airport ini kan besar. Belum lagi antrian di imigrasi nya panjang. Untunglah ngga telat.
Menuju pesawat lagi2 dgn shuttle bus. Pesawat ke Hanoi take off jam 6.55 pagi.

Expense: coffee 35
…to be continued in part 2…