22 December 2010

Visa India - single entry

Rencana pergi ke India sudah 80%, saatnya berangkat ke Kedutaan India buat ngurus aplikasi Visa.

Persyaratan:
- Isi lengkap formulir visa (bisa didownload di websitenya)
- Pas foto 4x6 2lembar
- Paspor
- Reservasi tiket pulang pergi
- Reservasi akomodasi
- Itinerary
- Salinan saldo rekening tabungan 3 bulan terakhir
- Biaya: 492000 IDR
- Durasi: 2 hari kerja
- Lokasi: Jl HR Rasuna Said (pintu masuknya persis sebrangan dgn Erasmus)

Selasa, 8 Desember 2009
Sampai di Kedutaan India jam 10.10 pagi. Masuk pagar, isi buku tamu di loket security. Tas boleh dibawa masuk tapi HP & KTP mesti ditinggal. Dikasih nomor Visitor ID. Lalu sekali lagi diperiksa seluruh badan, klu yg cwek sama petugas security cwek jg.

Lurus masuk ke ruangan aplikasi visa. Disini harus ambil nomor baru lagi di mesin. Gw ngga kepikir tp trus lihat org pd ngambil akhirnya ikutan. Kelewat 3 nomor antrian deh.

Dari 3 loket yg tersedia, cuman 1 loket yg buka. Petugasnya orang India, berbahasa Inggris aktif.

Jam 11 akhirnya giliran gw ke loket. Petugasnya tanya dimana bookingan hotel gw. Setlh dia lihat, dia periksa form visa. Ternyata ada bagian referensi yg kelewat gw isi. Kedua referensi di Indonesia & India harus diisi!
Yg di Indonesia, boleh isi nama teman atau keluarga, gampang lah. Tp yg di India gmna? Akhirnya gw isikan nama & no tlp hotel di Kalkuta.

Setelah itu proses bayar. Ngga ngerti gmna, petugasnya salah kasih kembalian, kelebihan 5000.

Proses hari ini sekitar 45 menit.

Utk ambil visa, besok gw akan dateng lagi jam 4 sore dgn membawa kwitansi asli.

Rabu, 9 Desember 2009

Hari ini ada demo anti korupsi besar2an jadilah jalanan lengang banget.

Jam 4 kurang sampe pintu masuk udah ada antrian. Prosedur security sama,  kecual scanning badan.

Didlm ruangan kemaren, gw ngga perlu ambil nomor antrian lagi, tumpuk aja kwitansi kita diloketnya langsung.

Cuman ada 1 petugas lagi, kali ini orang Indonesia. Nanti Beliau manggil kita masing2.

Waktu ambil paspor di loket, kita diminta menulis kembali nama & no HP dibagian belakang berkas aplikasi visa.

Proses hari ini hanya 10 menit.

Alhamdulillah, visa India udah distempel rapi di paspor. Tinggal packing & Insya Allah berangkat minggu depan.

No comments:

Post a Comment